Mengenal Karakteristik Bahan Kaos Cotton Combed

bahan kaos combed

Bahan Kaos Combed – Saat ini masih banyak orang yang belum mengenali bahan kaos cotton combed, padahal ini sangat penting apalagi untuk Anda yang ingin membuka usaha.

Bahan cotton combed adalah bahan yang umum digunakan dan menjadi favorit. Alasannya karena banyak sekali orang yang menyukai bahan yang satu ini.

Terlebih lagi bahan ini mempunyai keunggulan yang banyak dibandingkan dengan bahan lainnya, serta bahan ini mempunyai beberapa jenis.

Oleh karena itu, untuk memperoleh bahan cotton combed yang tepat, Anda harus mengenali seluk beluk bahan ini supaya tidak salah pilih dan juga dapat merawat bahan ini dengan benar.

Apa Itu Cotton Combed?

Cotton combed adalah bahan yang berasal dari 100% serat kapas. Bahan ini dibuat menggunakan proses rajut atau knitting yang melalui proses penyisiran atau combing. Selain itu, cotton combed juga bisa dirajut menggunakan teknik single knit atau double knit.

Ciri cotton combed yang dibuat menggunakan teknik knit adalah mempunyai motif rajutan yang berbeda di kedua sisi permukaan bahannya. Sedangkan duoble knit, kedua sisi bahan mepunyai motif rajutan yang sama sehingga kedua sisi bisa dipakai. Tetapi, secara keseluruhan kedua teknik ini sama – sama menghasilkan bahan yang nyaman untuk dipakai.

Bahan cotton combed dapat menyerap keringat atau cairan dengan sangat baik, karena terbuat dari serat alami kapas. Serta permukaan bahannya terasa lembut, sejuk, nyaman, dan halus di kulit.

Jenis – Jenis Bahan Kaos Cotton Combed

Setelah mengetahui apa itu cotton combed, hal selanjutnya yang perlu Anda pahami adalah jenis – jenisnya. Terdapat empat jenis cotton combed yang umum di pasaran, yakni 20s, 24s, 30s, dan 40s.

Angka – angka ini menunjukkan kerapatan benang yang dipakai dalam proses merajit. Semakin rendah angkanya, maka semakin tebal bahan dan rajutan kain tersebut. Berikut ini merupakan jenis – jenis cotton combed, di antaranya :

1. Cotton Combed 20s

Bahan cotton combed 20s dikenal dengan gramasi dari bahan ini dengan ukuran 180-220 gr/m2 serta menggunakan rajutan single knitt. Bahan ini menjadi salah satu bahan yang paling terkenal jika dibandingkan dengan cotton combed yang lainnya.

Terlebih lagi setelah bermunculan jenis kaos polos yang mempermudah konveksi atau vendor untuk melakukan sablon dengan lebih mudah.

2. Cotton Combed 24s

Walaupun dikenal dengan rajutan yang sama yakni menggunakan single knitt, tetapi untuk tingkat gramasi bahan ini hanya sekitar 170 sampai 210 gr/m2 saja.

Jenis cottom combed ini banyak dipakai oleh konveksi kaos di Bandung serta beberapa clothing line di Jakarta. Selain nyaman, bahan ini populer sebagai bahan yang tidak begitu terbal dan juga tidak begitu tipis untuk dipakai.

Baca Juga :  Bahan Baju Lacoste Yang Berkulitas
3. Cotton Combed 30s

Bahan ini dikenal sebagai bahan yang paling banyak diminati oleh anak – anak perkotaan. Hal ini disebabkan oleh kondisi bahan combed yang dikenal dengan serat tipis sehingga tidak panas ketika dipakai.

Selain itu, bahan cotton combed 30s mempunyai gramasi berkisaran pada angka 140 sapai 160 gr/m2 dan jenis rajutannya menggunakan single knitt.

4. Cotton Combed 40s

Jika dibandingkan dengan bahan yang sebelumnya, bahan cotton combed 40s terkenal sebagai bahan yang paling tipis. Hal ini disebabkan dari tingkat gramasi yang dimilikinya hanya berkisaran 110 sampai 120 gr/m2 saja. Selain itu, bahan ini juga menggunakan jenis rajutan single knitt.

Nah, itulah beberapa jenis – jenis bahan catton combed.

Kelebihan dan Kekurangan Bahan Kaos Cotton Combed

Berikut ini adalah beberapa kelebihan bahan kaos cotton combed, di antaranya :

1. Lembut dan Nyaman

Cotton combed terkenal karena kelembutan dan kenyamanannya ketika dipakai. Bahan ini berasal dari serat kapas yang telah melalui proses combing atau penyisiran yang membuat hasil akhir bahan ini menjadi lebih halus dan bebas dari kotoran biji kapas yang umumnya berbentuk titik – titik putih di permukaan kain.

2. Menyerap Keringat dengan Baik

Bahan ini mempunyai daya serap yang baik karena berasal dari serat alami kapas, sehingga bisa menyerap keringat atau cairan lainnya dengan efisien dan juga menjaga tubuh supaya tidak gerah.

Hal ini lah yang menjadi alasan cotton combed cocok untuk pakaian yang akan dipakai dalam kegiatan sehari – hari dan kegiatan fisik.

3. Elastis dan Lentur

Bahan cotton combed tidak mudah kusut, karena bahan ini bersifat lentur dan fleksibel. Bahan ini juga mempunyai elastisitas yang baik, sehingga tidak mudah kusut atau melah setelah dipakai atau dicuci, namun dengan syarat dirawat dengan baik dan benar.

4. Tahan Lama

Bahan cotton combed mempunyai daya tahan yang cukup baik. Apabila dirawat dengan baik, bahan ini bisa bertahan dalam penggunaan jangka waktu panjang dan juga tidak mudah rusak.

Bahkan jika warnannya pudar, kaos dengan bahan ini dapat dijasikan sebagai pakaian tidur atau rumahan karena tetap nyaman.

5. Ramah Lingkungan

Bahan ini terbuat dari serat kapas yang berasal dari tanaman kapas alami. Nah, hal inilah yang menjadi alasan bahan ini ramah lingkungan dan bisa didaur ulang.

6. Tidak Menyebabkan Iritasi

Cotton combed tidak mengandung bahan sintetis yang bisa menyebabkan iritasi kulit. Bahan ini aman dipakai oleh siapa saja, bahkan orang dengan kulit sensitif atau alergi sekali pun.

Baca Juga :  Bahan Baju Polo Linen, Bahan Baju Yang Istimewa

Itulah beberapa kelebihan kaos cotton combed, selanjutnya kita akan membahas beberapa kekurangan yang dimiliki bahan cotton combed, di antaranya :

  1. Rentan terhadap jamur : Apabila terlalu lama disimpan di tempat yang lembab, bahan ini lebih rentan terhadapp jamur.
  2. Tidak cocok jika direndam terlalu lama : Jenis bahan ini tidak cocok bila direndam terlalu lama.
  3. Harganya relatif mahal : Cotton cobed memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan bahan lainnya. Namun, harga yang tinggi ini sebanding dengan kualitasnya.
  4. Mudah kusut jika terlalu sering direndam dalam waktu lama : Kaos dengan bahan ini sebagiknya dirawat sesuai petunjuk perawatan yang tertera di label baju. Sebab jika terlalu sering direndam dalam waktu yang lama, bahan kaos ii dapat mudah rusak.

Bahan kaos cotton combed mempunyai kelebihan dan kekurangannya maisng – masing. Tetapi kekurangannya bisa diminimalisir dengan perawatan yang baik dan benar.

Cara Merawat Kaos Cotton Combed

Berikut ini adalah cara merawat bahan kaos cotton combed, di antaranya :

bahan kaos combed

1. Mencuci Menggunakan Mesin Cuci Standar Cotton Combed

Tips mencuci kaos dengan bahan ini supaya awet adalah dengan mencucinya menggunakan tangan atau manual, tetapi bila Anda ingin mencucinya dengan praktis, Anda bisa menggunakan mesin cuci.

Namun, Anda harus memperhatikan penggunaannya, seperti menggunakan mesin cuci biasa dengan kecepatan normal supaya tidak merusak pori – pori bahan kaos dan juga merusak sablon yang ada.

Selain itu, perhatikan juga untuk selalu mencuci menggunakan air dingin dan jangan gunakan air hangat. Sebab penggunaan air hangat bisa membuat warna kaos menjadi pudar dan lebih cepat melar. Serta jangan gunakan deterjen yang berbahan keras supaya kaos tidak cepat pudar.

2. Perhatikan Proses Merendam

Untuk merendam kaos dengan bahan ini, Anda harus memperhatikan durasinya. Kaos cotton combed tidak boleh direndam terlalu lama untuk mencegah serat kain mudah rusak, warnanya mudah luntur, dan menimbilkan bau yang tidak diinginkan.

Bila  merendam kaos, sebaiknya direndam dengan durasi sekitar 20-30 menit saja tidak boleh lebih, serta langsung dicuci dan dibilas bersih. Selain itu, jangan gunakan pemutih pakaian karena bisa merusak serat kain dan juga membuat warna kaos menjadi lusuh dan kusam.

3. Hindari Menggunakan Mesin Pengering

Mesin pengering bisa merusak serat kaos cotton combed dan menyebabkannya melar. Sebaiknya, keringkan dengan cara alami seperti menyemurnya di tempat yang teduh. Hindari menjemur kaos langsung di bawah dinar matahari, karena hal ini dpat memudarkan warna kain.

Baca Juga :  Bisnis Baju Kaos Distro Agar Kalian Paham Mulai Darimana!
4. Setrika dengan Suhu Rendah

Apabila perlu menyetrika kaos, pastikan untuk menggunakan setrika dengan suhu rendah. Sebab, jika suhu terlalu tinggi bisa merusak serat dan membuat kaos kehilangan kelembutannya. Alangkah baiknya, setrika pada bagian dalam kaos atau gunakan kain pelindung di atasnya.

5. Simpan dengan Benar

Saat tidak dipakai, simpan kaos cotton combed dengan benar. Lipat kaos dengan rapi untuk menghindari lipatan yang sulit dihilangkan. Selain itu, hindari menggantung kaos, apalagi jika kaos cukup berat, karena hal ini dapat menyebabkan kaos menjadi melar.

Dengan mengikuti cara perawatan di atas, Anda bisa memastikan bahwa kaos cotton combed kesayangan Anda tetap awet, nyaman, dan tampil dengan kualitas terbaik.

Kesimpulan

Bahan kaos cotton combed adalah bahan yang berasal dari 100% serat kapas. Serta dibuat menggunakan proses rajut atau knitting yang melalui proses penyisiran atau combing. Bahan ini mempunyai beberapa jenis, yaitu 20s, 24s, 30s, dan 40s. Setiap bahan memiliki tingkat ketebalan yang berbeda. Semakin tinggi angkanya maka, bahan tersebut semakin tipis.

Cotton combed juga memiliki kelebihan dan kekurangan, kelebihannya adalah lembut, nyaman, mudah menyerap keringat, elastis,  lentur, tahan lama, ramah lingkungan, dan juga tidak menyebabkan iritasi. Sedangkan kekurangannya adalah rentan terhadap jamur, tidak cocok bila direndam terlalu lama, dan harganya yang relatif lebih mahal dibandingkan bahan yang lainnya.

Untuk mempertahankan kaos dengan bahan ini supaya tahan lama, tentunya membutuhkan perawatan yang baik dan benar. Anda harus selalu memperhatikan proses pencucian, perendaman, pengeringan, suhu yang tepat saat menyetrika, dan juga cara penyimpanannya.

Dengan cara merawat yang sesuai, Anda dapat memastikan bahwa kaos dengan bahan cotton combed awet dan tahan lama. Tidak diragukan lagi bila kaos dengan bahan ini menjadi favorit dan pilihan banyak orang.

Cetak kaos jogja merupakan salah satu penjedia jasa cetak kaos di Jogja yang berkualitas tinggi, baik itu untuk kebutuhuan pribadi maupun kelompok. Di sana Anda dapat mencetak desain, gambar, atau pesan pribadi pada kaos dengan berbagai teknik cetakan yang tersedia.

Keuntungan menggunakan jasa cetak kaos tersebut adalah tersedia dalam jumlah besar atau kecil, Anda dapat mencetak desain sesuai dengan yang Anda inginkan, kualitas cetakan yang tinggi, dan harga yang terjangkau. Untuk informasi lebih lengkapnya Anda dapat mengunjungi artikel cetak kaos jogja.

Demikianlah penjelasan yang dapat saya sampaikan. Semoga Anda dapat mengambil manfaat dan inspirasi dari pembahasan yang telah kami sajikan di atas untuk lebih memahami tentang karakteristik bahan kaos cotton combed.

Terimakasih.

Whatsapp Kami
Online
Halo, kami sedang online nih kak, ada yang bisa kami bantu? :)