Pilihan Bahan Kaos Jersey yang Bagus dan Optimal untuk Kinerja Maksimal

jersey

Setiap atlet tentunya ingin menggunakan jersey dengan bahan yang bagus, agar kaos jersey bisa nyaman dipakai oleh para atlet. Dalam pemilihan bahan kaos jersey, Anda harus memilah karakteristik bahan yang sesuai dengan kebutuhan.

Apalagi saat ini ada  banyak pilihan bahan kaos jersey yang bagus di pasaran. Anda yang penggemar olahraga pastinya sudah tahu jersey sering digunakan di pertandingan sepak bola, badminton,basket, basket dan sejenisnya pasti mengetahui apa itu jersey.

Bahan Kaos Jersey yang Bagus

Kenapa disebut jersey dan apa saja jenis bahan Jersey Yang Bagus untuk dijadikan seragam olahraga? Jersey merupakan seragam olahraga yang biasa di gunakan untuk melakukan suatu pertandingan dan olahraga.

Jersey ialah kaos yang terbuat dari bahan berserat lembut, tipis dan berongga sehingga jersey sangat cocok untuk menjadi seragam olahraga. Simak selengkapnya penjelasan tersebut dipenjelasan berikut ini :

1. Bahan Kaos Jersey Serena

bahan kaos jersey serena

Jersey serena memiliki berat yang 0,21 kg per meter persegi dengan komposisi yang lumayan padat, sehingga sudah memiliki kualitas yang baik. Selain itu, bahan serena ini bisa mudah kering meskipun cukup tebal. Berkat kelembutan dan kesejukan kainnya yang terkombinasi, jersey serena memiliki kualitas yang sempurna.

Elastisitas yang tinggi membuat kain ini cocok digunakan sebagai andalan bahan baju olahraga. Dengan tekstur kain yang halus dan pori-pori yang besar, jersey serena mampu menyerap keringat dengan maksimal sehingga nyaman saat digunakan.

Fakta Menarik dari Bahan Serena

Jenis bahan jersey yang bagus ini hampir sama dengan brand terkenal seperti Adidas dan Nike. Bahan dasar yang digunakan kain serena ialah kombinasi serat nilon, polyester, dan dengan sedikit elastane (spandex).

Dengan rajutan benang yang tipis, kain ini menghasilkan handfeel yang dingin, lembut, ringan, dan elastis. Selain itu, bahan jersey serena harganya lebih murah dibandingkan kain dri-fit. Anda mencari bahan Jersey seperti yang dimiliki oleh brand besar Nike dan Adidas?

Anda bisa menggunakan jersey serena, ini merupakan bahan yang tepat sebagai jersey yang bagus pertama ialah bahan serena.

Kelebihan Bahan Serena

  • Kain ini terasa lembut dan nyaman.
  • Memiliki tampilan yang elegan.
  • Permukaannya yang halus.

2. Bahan Kaos Jersey Paragon

Jersey dengan bahan kain paragon sebenarnya sudah cukup populer di kalangan masyarakat.Kain paragon biasanya sering digunakan untuk jersey olahraga diluar ruangan.

Baca Juga :  Bahan CVC Pique, Bahan Premium Bahan yang Elegan dan Santai

Jenis kain ini terbuat dari 100% serat sintesis polyester. Tekstur kain Paragon beraturan dengan ketebalan cukup tebal. Kain paragon ini memiliki dua sisi dengan tekstur berbeda, yaitu satu sisi bertekstur garis-garis dan sisi lainnya yang bertekstur polos.

Selain digunakan untuk membuat jersey, kain paragon juga bisa digunakan untuk membuat jaket bahkan aksesoris. Jersey yang terbuat dari bahan paragon memiliki karakteristik berupa kekurangan dan kelebihan sebagai berikut.

Kelebihan Jersey Paragon

  • Tekstur halus dan lembut.
  • Elastis dan fleksibel.
  • Permukaan yang tebal.

Kekurangan Jersey Paragon

  • Kurang bisa menyerap keringat.

3. Bahan Lotto

Bahan lotto terbuat dari kombinasi serat katun dan polyester. Kain lotto sendiri mempunyai kemiripan dengan kain dry fit atau jersey, karena terdapat kandungan polyester yang terdapat pada lotto. Kainnya terbuat dari serat katun yang dingin dan membuatnya semakin nyaman saat digunakan serta tidak lengket jika berkeringat.

Jenis bahan ini biasanya sebagai pakaian olahraga dan sebenarnya nama lotto diambil dari nama brand sport Italia yang terkenal bernama lotto.

Sejarah Lotto

bahan jersey

Sejarah dari brand lotto sendiri adalah awal dari kegiatan operasionalnya dengan memproduksi sepatu olahraga tenis, pabrik baju olahraga asli Treviso Italia yang didirikan pada tahun 1973. Seiring berjalannya waktu, brand ini juga sampai menjamah ke cabang olahraga lainnya, seperti voli, atletik, dan sepak bola.

Saat lotto sampai ke Indonesia brand ini langsung diminati banyak orang. Hal yang membuat bahan lotto populer di Indonesia karena mempunyai tekstur kain yang halus, lembut, dan dapat menyerap keringat.

Kelebihan Kain Lotto

  • Permukaan kainnya yang lembut, adem, dan halus.
  • Tekstur kainnya tidak lengket dikulit dan tidak terasa kasar saat bersentuhan dengan kulit.
  • Daya tahan kain yang kuat dan awet.
  • Mampu dipakai dalam jangka waktu yang lama.
  • Salah satu kain terlaris untuk baju olahraga.
  • Kainnya tidak kaku.

Kekurangan Kain Lotto

  • Serat kain lotto bisa rusak karena detergen berbahan keras, sehingga saat mencuci menggunakan detergen maka anda harus ektra hati- hati.
  • Kain lotto tidak cocok untuk suhu ekstrem karena bahannya kurang tebal.
  • Tidak cocok jika digunakan di daerah yang bersuhu dingin.
  • Pilihan warnanya tidak banyak.
  • Memiliki harga yang relatif mahal.

4. Bahan Jersey DriFIt

Kain Dryfit ialah salah bahan kaos terbaik yang sering dipakai dalam membuat jersey. Selain itu bahan jersey Dri-FIT, Kain dryfit tidak akan terasa berat di tubuh meskipun sudah menyerap banyak keringat. Karena ini membuat kain dryfit sebagai pilihan untuk jersey dibandingkan dengan bahan kaos jersey lain.

Baca Juga :  Faktor-faktor Memilih Bahan Kaos Polo Terbaik

Bahan kain dryfit dasarnya adalah kain dari kombinasi katun dengan sintetis poliester. Kombinasi ini disebut sebagai campuran polycotton yang kemudian disempurnakan lebih lanjut dengan tambahan serat benang kecil yang bernama microfiber. Nama dryfit juga menunjukkan bahwa kain ini memiliki sirkulasi udara yang membuat kain ini cepat kering.

Perkembangan Kain Jersey Dryfit

bahan kaos jersey dryfit

Kain jersey modern ini pertama kali dikembangkan oleh ilmuwan Jepang Miyoshi Okamoto di tahun 1960an. Beliau berhasil menciptakan proses produksi microfiber yang menghasilkan serat benang sintetis kecil secara terus menerus.

Perkembangan di dunia tekstil membawa Nike untuk menghasilkan kain khusus untuk jersey dengan menggunakan teknologi microfiber. Dan mereka memberi nama Dri-FIT, yang dikenal dengan nama dryfit di pasaran luas.

Macam Kain Jersey Dryfit

Sebelum memasuki detail yang lebih dalam tentang jenis kain dryfit, penting untuk memahami bahwa kain-kain ini dirancang khusus untuk memberikan kenyamanan saat beraktivitas fisik dengan mengatur suhu tubuh dan mengelola kelembapan.

Dalam pembuatan jersey dari kain dryfit, terdapat beberapa macam jenis kain dryfit yang bisa digunakan.Berikut adalah jenis-jenis kain dryfit untuk jersey :

A. Dryfit Nike

Dryfit Nike adalah jenis kain Dryfit pertama kali yang dipasarkan oleh Nike dalam bentuk produk jersey dan pakaian olahraga mereka.

Bahan jersey drifit Nike juga dikenal dengan sebutan Dryfit Sido di pasaran, dan memiliki ciri khas berupa pori-pori kain yang berbentuk seperti lubang jarum.

B. Dryfit Jala Erbin

Dryfit Jala Erbin adalah jenis kain Dryfit yang memiliki susunan pori-pori seperti lubang jarum yang disusun sedemikian rupa sampai seperti jala. Kain dryfit jenis ini lebih populer digunakan dalam pembuatan baju olahraga outdoor.

C. Dryfit MU

Dryfit MU atau Grade Ori di pasaran ialah jenis kain Dryfit yang sangat populer di jersey sepak bola. Kain memiliki ciri khas berupa pori-pori kain yang disusun seperti motif sisik ikan.

d. Dryfit Waffle

Dryfit Waffle atau Polymesh adalah jenis kain Dryfit yang terkenal karena tekstur dan pori-pori kainnya yang mirip dengan kue wafel. Dan kain jenis ini sering dipakai untuk jersey sepak bola, basket, dan sepeda.

Kelebihan Bahan Drifit untuk Jersey
  • Bisa menyerap keringat dengan mudah.
  • Punya model bervariasi.
  • Nggak gampang kusut.
  • Kualitas bahannya kuat.
  • Nggak gampang Pudar.
Kekurangan Bahan Drifit untuk Jersey
  • Susah Disablon.

5. Bahan Rayon

Kain ini memiliki beberapa jenis, karakteristik, kelebihan, dan kekurangan. Dari beberapa hal tersebut untuk menjaga kenyamanan dan ketahanannya, perawatan yang baik sangat penting dan sehingga awet ketika digunakan. Berikut pembahasan kain rayon lebih lanjut.

Baca Juga :  Cara Membuat Screen Sablon yang Mudah

Jenis Jenis Bahan Jersey Kain Rayon

bahan kaos jersey

Kain Rayon memiliki banyak jenis karena ini agar bisa lebih tahu dalam memilih kain yang dipilih. Berikut adalah jenis-jenis kain rayon.

Rayon Spandex

Rayon spandex ini terbuat dari perpaduan antara bahan rayon dan juga spandex.Kain ini karakternya hampir mirip dengan kain katun lembut, elastis, halus, dan nyaman. Perpaduan rayon dengan spandex ini dibagi menjadi dua jenis seperti rayon semi spandex dan rayon spandex super.

Rayon semi spandex karakternya mirip dengan rayon spandex, namun kadar spandex yang lebih banyak sehingga membuat kain lebih elastis. Kain rayon spandex ini cocok diproduksi untuk pembuatan kaos, hijab, dan khususnya pakaian olahraga.

Rayon Polyester

Berbeda dengan jenis-jenis kain rayon lainnya, kain rayon polyester memiliki bahan yang lebih kasar dan kaku. Karena terbuat dari bahan yang kasar dan kaku membuat kain rayon polyester jadi lebih mudah sobek.

Semakin banyak bahan polyester yang ada pada kain rayon membuat kain ini akan semakin rapuh. Kandungan polyester juga membuat kain rayon semakin murah.

Kelebihan Kain Rayon

  • Banyak varian warna.
  • Daya serap yang tinggi.
  • Bahan ringan.
  • Harga terjangkau.
  • Pori-pori lebar.
  • Memiliki tekstur lembut dan licin.

Kekurangan Kain Rayon

  • Mudah menyusut.
  • Menimbulkan bau.
  • Mudah Luntur.
  • Kain Sangat Tipis.

6. Bahan Jersey Hyget Balon

Bahan hyget balon merupakan perpaduan antara kain katun dan polyester. Kain ini sering dipilih karena harganya lebih terjangkau dibandingkan dengan kain lainnya.  Hyget balon memiliki tekstur bahan yang lebih lembut dan cukup adem ketika digunakan.

Bahan hyget balon ini dapat menyerap keringat, tetapi tidak bisa maksimal. Jadi, bahan ini tidak akan terasa panas saat digunakan. Bahan hyget balon ini telah banyak digunakan sebagai bahan baku pembuatan kaos tiruan. Misalnya, untuk pembuatan kaus tiruan klub sepak bola tertentu, kaus tim olahraga bulu tangkis, basket, futsal, dan sebagainya.

Kelebihan Kain Hyget Balon

  • Tekstur bahan lembut dan adem.
  • Menyerap keringat.
  • Tidak terasa panas saat digunakan.

Kekurangan Kain Hyget Balon

  • Mudah membentuk lekukan tubuh.
  • Serat tipis.
  • Mudah rusak jika sering disetrika.

Kesimpulan

Dengan pemahaman mendalam tentang setiap jenis bahan jersey yang memiliki fungsi dan tekstur yang berbeda. Untuk pembuatan kaos jersey dengan kualitas yang bagus, Anda dapat mempercayakan proses tersebut kepada jasa yang menggunakan bahan yang baik dan berkualitas.

Anda juga dapat membuat jersey dengan bahan yang bagus melalui layanan  Konveksi jersey Jogja. Layanan cetak kaos memungkinkan Anda untuk mengunggah desain sendiri atau memilih dari berbagai desain yang tersedia.

Konveksi jersey Jogja siap memberikan solusi terbaik untuk kebutuhan produksi Anda dengan standar kualitas tinggi dan pelayanan yang handal. Cetakkaos.id memberikan jaminan untuk setiap produk yang diproduksi.

Whatsapp Kami
Online
Halo, kami sedang online nih kak, ada yang bisa kami bantu? :)