Fungsi Wearpack K3 dalam Dunia Kerja

seragam

Fungsi wearpack K3 itu buat apa sih? Apakah sobat Cetakkaos.id tau bahwa ketika anda bekerja, keselamatan pekerja adalah hal yang perlu diperhatikan? Pihak perusahaan memiliki tanggung jawab dalam menjaga keselamatan karyawannya dan pekerja berhak mendapat perlindungan keselamatan diri.

Seperti yang sudah diatur oleh pemerintah dalam UU No.1 Tahun 1970 tentang K3. Fungsi wearpack K3 adalah untuk melindungi diri dari percikan api, paparan radiasi, percikan bahan kimia, meminimalisir benturan dan goresan benda tajam.

Oleh karena itu, selain menggunakan alat K3 lainnya, mengenakan wearpack adalah suatu keharusan saat bekerja di lapangan. Hal ini untuk memastikan bahwa pekerja terlindungi dengan baik dari berbagai risiko yang dapat terjadi selama proses kerja.

Apa Pengertian Wearpack?

Wearpack yang juga dikenal sebagai coverall atau baju safety, merupakan pakaian terusan yang menyatukan atasan dan bawahan. Wearpack ini dirancang untuk memberikan perlindungan menyeluruh kepada pekerja, dengan fitur seperti lengan panjang, celana panjang, dan terkadang penutup kepala.

Fungsi  Wearpack

Fungsi wearpack K3 adalah untuk menjalankan protokol Keselamatan dan Kesehatan Kerja. dan meminimalisir terjadinya kecelakaan kerja yang mungkin disebabkan oleh paparan radiasi, percikan api atau bahan kimia, suhu yang terlalu tinggi, tumpahan cat, benturan, atau tergores benda tajam.

Selain itu, wearpack juga berfungsi untuk :

1. Melindungi Tubuh:

Sebagai fungsi dasarnya, wearpack berfungsi untuk melindungi tubuh dari berbagai bahaya seperti cairan berbahaya, sinar matahari, goresan benda tajam, benturan, suhu tinggi dan lainnya.

2. Meningkatkan Visibilitas:

Wearpack yang meningkatkan visibilitas biasanya dilengkapi dengan stiker reflektor. Stiker reflektor ini sangat berguna di area kerja yang minim cahaya, membantu mencegah kecelakaan seperti tertabrak kendaraan proyek atau insiden lainnya di area minim cahaya.

3. Perlindungan dari Suhu:

Beberapa model wearpack safety memiliki fitur ketahanan terhadap air dan api. Contohnya, wearpack dengan bahan nomex yang memiliki tingkat ketahanan yang baik terhadap api.

4. Identitas Pekerja:

Wearpack juga bisa digunakan untuk membedakan masing-masing pekerja berdasarkan warna yang mereka gunakan. Biasanya, pekerja K3 mengenakan wearpack berwarna merah, memudahkan identifikasi di area lapangan.

5. Seragam Kerja:

Selain untuk melindungi diri, wearpack juga digunakan sebagai seragam kerja. Banyak pula perusahaan dan institusi yang menggunakannya sebagai seragam resmi, seperti wearpack Pertamina yang sering terlihat.

Jenis Jenis Wearpack

1. Berdasarkan Desain

a.  Model Atasan Saja

Model ini merupakan model wearpack yang digunakan untuk acara yang bersifat formalitas dan sebagai identitas perusahaan saja, jarang digunakan ketika berada di lapangan kerja yang memiliki resiko dan bahaya yang tinggi.

Baca Juga :  Kegunaan Bahan Wearpack Anti Api
Keuntungan:
      • Menjadi penanda atau seragam perusahaan
      • Melindungi bagian atas tubuh dengan baik
      • Cocok digunakan sebagai seragam saat kegiatan formal
Kekurangan:
      • Tidak cocok digunakan di area lapangan dengan kegiatan kotor, berbahaya, atau berisiko tinggi
      • Hanya digunakan saat acara formal atau oleh pekerja dengan tingkat risiko sedang, seperti programmer, desainer, arsitek, dan sejenisnya.

b. Model One Piece

Model ini merupakan model yang memiliki desain dengan baju dan celana yang menyatu atau merupakan satu setel, biasanya digunakan untuk di lapangan yang kotor seperti di bawah mobil. Beberapa model menggunakan lengan pendek maupun panjang sesuai kebutuhan lapangan.

Keuntungan :
        • Dapat digunakan dengan cepat
        • Melindungi seluruh tubuh
        • Tahan terhadap panas dan air
        • Melindungi tubuh dari percikan cairan kimia, goresan, dan lainnya
Kekurangan :
        • Ribet saat dilepas
        • Sulit digunakan saat ke toilet
        • Perlu dicuci dengan sangat hati-hati agar scotlight tidak rusak
        • Harus sesuai dengan ukuran tubuh agar lebih nyaman

c. Model Two Piece

Desain ini merupakan model dengan dua pasang yaitu bagian baju dan celana yang terpisah. Model ini juga menyesuaikan kondisi lapangan seperti Model One Piece.

Keuntungan :
        • Lebih simpel dibandingkan model One Piece
        • Lebih baik daripada model atasan saja saat di lapangan
        • Lebih mudah digunakan saat ke toilet
        • Melindungi tubuh dari percikan cairan kimia, goresan, dan lainnya
        • Nyaman dipakai karena menyerap kering
Kekurangan :
        • Tidak cocok untuk bekerja di bawah mobil karena ada celah
        • Kurang cocok bekerja di area otomotif
        • Dicuci dengan sangat hati hati agar bagian scotlight tidak hilang

2. Berdasarkan Bahan

a. Kain Drill

Kain drill merupakan kain dengan tekstur jahitan diagonal dan tenunan benang yang kuat. Bahan ini cukup bervariasi, ada yang murni 100% katun serta ada juga campuran katun dan poliester. Bahan kain drill memiliki kemampuan tidak cepat gerah dan panas meskipun memiliki ketebalan yang cukup.

Karakteristik:

      • Mempunyai tekstur tenunan yang terlihat berupa garis miring atau diagonal.
      • Permukaan kain memiliki tekstur yang cukup lembut.
      • Kain memiliki tenunan yang terasa kuat dan kokoh.
      • Kain yang tidak mudah kusut.
      • Tekstur kain di bagian permukaan depan dan belakang berbeda

b. Kain Twill

Kain twill, atau juga dikenal sebagai Twist atau Twill Drill, memiliki tekstur yang mirip dengan kain drill. Namun, kain twill memiliki serat yang lebih kecil jika dibandingkan jenis kain drill lainnya.

Karakteristik :

      • Memiliki pola jahitan yang berbentuk diagonal
      • Kainnya agak tipis
      • Terlihat glossy dan shining
      • Memiliki tekstur yang agak kasar
      • Mudah dibersihkan dan di cuci

c. Kain Kanvas

Bahan kain ini memiliki tekstur yang kuat, tebal dan tidak mudah menyerap air serta terlihat sangat kokoh. Kain ini biasanya digunakan untuk membuat seragam oleh orang yang bekerja di area pertambangan.

Baca Juga :  4 Bahan Topi Jaring Trucker

Karakteristik :

      • Serat yang tebal dan kuat
      • Motif benang terlihat jelas
      • Bisa digunakan dalam berbagai macam aksesoris dan busana

3. Berdasarkan Bahan Khusus

a. Water Repellent

Bahan water repellent sangat bermanfaat dalam pembuatan wearpack, yaitu pakaian kerja yang dirancang untuk melindungi para pekerja dari kondisi lingkungan yang keras.

Dengan menggunakan bahan ini, wearpack dapat menolak air, sehingga pekerja tetap kering dan nyaman meskipun bekerja di lingkungan yang basah atau terkena hujan.

Keunggulan ini membantu menjaga kesehatan dan kenyamanan pekerja, memungkinkan mereka untuk bekerja dengan lebih aman dan produktif tanpa khawatir tentang pakaian yang basah dan lembap.

b. Flame Retardant

Bahan flame retardant digunakan dalam pembuatan wearpack untuk memberikan perlindungan ekstra bagi pekerja yang terpapar risiko kebakaran atau panas tinggi.

Bahan ini mampu menghambat penyebaran api, sehingga memberikan waktu lebih bagi pekerja untuk menyelamatkan diri.

Wearpack yang terbuat dari bahan flame retardant sangat penting dalam lingkungan kerja berisiko tinggi. Dengan perlindungan ini, keselamatan dan kesejahteraan pekerja dapat lebih terjamin.

c. Scotlight

Wearpack safety sering kali menggunakan bahan scotlight sebagai langkah pencegahan untuk menghadapi situasi mati lampu atau di ruangan yang minim pencahayaan.

Bahan scotlight dipilih karena kemampuannya dalam memantulkan cahaya, yang tidak hanya membantu orang lain untuk melihat keberadaannya tetapi juga secara signifikan mengurangi risiko kecelakaan kerja.

Dengan adanya bahan ini, para pekerja dapat bekerja dengan lebih aman dan dapat diidentifikasi dengan mudah dalam kondisi lingkungan yang gelap atau minim pencahayaan.

4. Berdasarkan Fungsinya

a. Wearpack Biasa

Biasanya digunakan dengan memakai baju lengan panjang dan celana panjang, hal ini dilakukan oleh orang yang bekerja di tempat yang resiko nya tidak terlalu tinggi. Seperti orang yang bekerja di sektor pertanian, perkebunan, pengelasan, dan buruh pabrik.

b. Wearpack Safety

Wearpack jenis ini dirancang untuk pekerja yang membutuhkan prioritas keamanan yang tinggi dan untuk resiko yang besar juga.

Dan juga dirancang untuk menahan api atau air biasanya dilengkapi pula dengan scotlight. Dalam ranah pekerjaan, wearpack safety biasanya digunakan oleh pemadam kebakaran, pekerja tambang, atau lainnya yang memiliki resiko kecelakaan hidup tinggi.

Tips Desain Wearpack

a. Oversize

Desain wearpack umumnya dibuat sedikit lebih longgar daripada size aslinya, hal ini bertujuan agar pekerja dapat bergerak dengan leluasa dan tidak terhambat oleh seragam.

b. Warna yang Mencolok

Sebaiknya dibuat dengan warna yang terang dan mencolok agar mudah diidentifikasi jika di dalam ruangan yang minim dan kurang pencahayaan.

c. Resleting

Akan lebih baik jika bagian depan seragam menggunakan resleting atau kancing yang besar agar mudah dilepas. Terutama untuk model One Piece atau terusan, sebaiknya menggunakan resleting di bagian depan.

Baca Juga :  12 Jenis dan Nama Topi Beserta Fungsinya

d. Scotlight

Menambahkan scotlight pada desain seragam anda akan menjadi pilihan yang lebih baik, terutama untuk digunakan di area seperti bengkel indoor. Scotlight dapat memantulkan cahaya dengan baik, sehingga seragam akan terlihat lebih jelas dalam kondisi gelap.

e. Pilih bahan yang sesuai

Kamu bisa memilih bahan yang sesuai dengan kondisi lapangan, pekerjaan, dan anggota. Agar saat bekerja menggunakan bahan kain tersebut, terasa nyaman dan menyerap keringat dengan baik. Bukan itu saja, sebaiknya bahan nya tidak terlalu tebal yang bisa saja membuat gerah dan panas saat digunakan.

f. Produsen yang handal

Setelah menentukan semua desain, maka langkah terakhir adalah menentukan produsen yang kamu percaya untuk membuatkan wearpack. Kualitas bahan penting, namun yang menentukan hasil akhir dari wearpack tersebut adalah bagaimana cara sang produsen membuatnya.

Jadi pilihlah produsen yang berkualitas seperti Cetakkaos.id yang bisa kamu percaya sepenuhnya atas wearpack mu.

Cara Penggunaan

Wearpack merupakan salah satu bagian dari APD yang cara penggunaannya harus sesuai standar yang telah ditentukan agar aman.

    1. Usahakan jangan menggulung bagian lengan dan kaki saat sedang bekerja.
    2. Sesaat setelah digunakan, dianjurkan untuk menyimpannya di posisi tergantung agar aksesoris pada baju seperti scotlight tidak rusak karena terlipat.
    3. Jangan bawa peralatan kerja yang berat didalam kantong wearpack, gantilah dengan toolbox. Hal ini bisa membuat bagian kantong wearpack rusak dan jika terjatuh akan bisa sangat berbahaya saat berada di posisi ketinggian.
    4. Resleting atau kunci baju wearpack pastikan tertutup dengan rapat dan benar.
    5. Jika wearpack anda rusak, segera laporkan ke atasan anda untuk mendapatkan wearpack baru.

Kesimpulan

Dengan demikian, fungsi wearpack K3 tidak hanya sebagai perlindungan fisik bagi pekerja dari berbagai risiko di tempat kerja, tetapi juga sebagai bagian penting dari perlengkapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Melalui penggunaan bahan-bahan khusus seperti flame retardant dan scotlight, wearpack dapat memberikan perlindungan tambahan terhadap api atau suhu yang tinggi dan meningkatkan visibilitas di lingkungan kerja yang minim pencahayaan.

Pemilihan jenis wearpack yang tepat, baik dari segi desain maupun bahan, sesuai dengan kondisi kerja dapat sangat mempengaruhi keselamatan serta kenyamanan pekerja dalam menjalankan tugas mereka sehari-hari.

Dengan demikian, keselamatan pekerja bukan hanya menjadi tanggung jawab perusahaan, tetapi juga hak yang harus dijamin bagi setiap individu yang berada di lingkungan kerja. Oleh karena itu, penerapan fungsi wearpack K3 dalam menjalankan peraturan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) wajib dilakukan oleh setiap perusahaan.


Bingung mau membuat wearpack di mana? Kamu bisa berkunjung ke Cetakkaos.id. Kami mengutamakan fleksibilitas dalam memenuhi kebutuhan desain, bahan, dan warna seragam, serta menyediakan opsi jumlah pesanan yang dapat disesuaikan.

Kami menjamin kualitas produk yang tinggi, menjaga standar keamanan, dan menawarkan harga yang kompetitif. Selain itu, kami menyediakan layanan untuk menciptakan seragam yang tidak hanya fungsional tetapi juga modis, mengikuti tren terkini sehingga tetap relevan dan menarik.

Kami juga memberikan layanan desain gratis dan melayani pesanan bahkan untuk satu baju saja, kami ingin berdedikasi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada semua pelanggan.

Whatsapp Kami
Online
Halo, kami sedang online nih kak, ada yang bisa kami bantu? :)