Cara Mengecilkan Baju Kaos yang Kebesaran

cara mengecilkan baju kaos

Bayangkan jika Kamu memesan kaos yang kamu idamkan di toko online, tetapi begitu diantar, ternyata kaosnya kebesaran. Kamu tidak bisa mengembalikannya. Lalu bagaimana cara mengecilkan baju kaos yang kebesaran, sudah kamu beli? Kejadian seperti ini pasti sudah banyak yang mengalaminya terutama orang yang suka berbelanja online.

Meskipun sudah tau ukuran size tubuh diri sendiri, bukan berarti ukuran tersebut sama dengan ukuran yang biasa digunakan. Karena standar ukuran baju bisa berbeda tergantung pada merek pakaian atau pola besar yang digunakan saat membuat baju. Ukuran yang digunakan bisa ukuran internasianal, hingga ukuran all size.

Jika kamu sudah terlanjur membelinya dan tidak bisa dikembalikan atau ditukar. Jangan kecewa dulu, karena ada beberapa cara yang mungkin bisa kamu coba untuk mengecilkan kaos yang kebesaran ditubuh ketika kamu pakai.

Pengukuran dan Evaluasi Kaos yang Kebesaran

Bagaimana cara kamu menghindari beli baju kaos yang kebesaran? tentu dengan cara mengukur ukuran yang cocok dengan diri kamu sendiri. Tapi kamu jangan terpatok oleh ukuran. Karena setiap ukuran itu pasti berbeda-beda.

Pastikan dulu kamu membandingkan antara tinggi badan dan berat tubuh. Perbandingan ini  dapat membantu Kamu menentukan ukuran kaos yang tepat, mulai dari S sampai XXL.

Ukuran S

Berat badan kurang dari 65 Kg.

Tinggi badan kurang dari 165 Cm.

Ukuran M

Berat badan kurang dari 65 Kg. Tinggi badan 166 – 175 Cm.

Berat badan 66 – 75 Kg. Tinggi kurang dari 165 Cm.

Ukuran L

Berat badan kurang dari 64 Kg. Tinggi badan 176 – 185 Cm.

Berat badan 66- 75 Kg. Tinggi badan 166 – 185 Cm.

Ukuran XL

Berat badan kurang dari 65 Kg. Tinggi badan 186 – 190 Cm.

Berat badan 86 – 92 Kg. Tinggi badan kurang dari 165 – 190 Cm.

Ukuran XXL

Berat badan 93 – 100 Kg. Tinggi badan kurang dari 165 – 190 Cm.

Kamu juga harus ingat ini hanya perkiraan saja. Ada juga beberapa faktor yang bisa memengaruhi pas atau tidaknya baju kaos di badan kamu ketika di kenakan. Seperti jenis jahitan kaos, daya lentur serat kain yang di pakai oleh kaos, hingga model yang dipakai cukup memengaruhi kenyamanan dan bentuk baju kaos setelah di pakai oleh kamu.

Perbedaan Kaos Oversize dan Kaos Biasa

Jadi, sebenarnya apa sihh perbedaan kaos oversize dan kaos biasa? apakah kamu mengetahui perbedaannya? ada beberapa orang yang mungkin tidak tau perbedaan kaos oversize dan kaos biasa. Dibawah ini perbedaan kaos oversize dan kaos biasa.

Baca Juga :  Cara Membuat Seragam yang Menarik dan Profesional
1. Ukuran dan Proporsi.

Secara umum, biasanya kaos biasa dengan ukuran small ( S ) ini memiliki panjang 63 Cm dan lebar 43 Cm. Jika kamu bandingkan dengan size chart kaos oversize untuk ukuran small ( S ) ini dengan panjang 70 Cm dan lebar 56 Cm. Jelas terlihat perbedaan antara kaos oversize dan kaos biasa.

Ukuran Large ( L ) ini untuk kaos biasa umumnya dengan panjang 73 Cm dan lebar 55 Cm. Berbeda dengan ukuran Large ( L ) ini untuk kaos oversize dengan panjang 74 Cm dan lebar 60 Cm.

2. Waktu Pemakaian Kaos Oversize dan Kaos Biasa

Kaos oversize ini juga sangat cocok banget buat di pakai ketika kamu pergi hangout bareng temen, ke konser, dan acara santai lainnya. Kaos biasa juga sebenarnya bisa untuk kegiatan seperti itu. Tapi mungkin ada beberapa orang yang lebih memilih menggunakannya untuk bersantai di rumah atau dalaman baju lainnya. Karna selera orang berbeda-beda.

Bagaimana Cara Mengecilkan Baju Kaos

perbedaan cotton combed 24s dan 30s

Bagaimana cara untuk mengecilkan baju kaos yang memang kebesaran di tubuh ketika di pakai? ada beberapa cara yang mungkin bisa kamu pakai untuk mengecilkan baju kaos kebesaran. Berikut ini ada beberapa caranya.

1. Menggunakan Air Hangat

Ada beberapa bahan yang seperti katun dan wol yang bisa menyusut jika terkena air hangat. Jika baju yang kamu beli terbuat dari bahan katun dan wol, atau ada tulisan “Jangan dicuci dengan air hangat atau air panas” di label, baju itu bisa kamu susutkan dengan air hangat.

Mencuci di Mesin cuci

Kamu bisa menggunakan cara ini jika memiliki mesin cuci yang ada pilihan hot water. Disaat melakukan pencucian kamu tinggal tekan tombol hot water dan mengatur putaran dengan pelan untuk memcucinya. Selain itu untuk membantu menyusutkan kaos, hal ini bisa juga membantu kamu untuk meluruhkan kotoran dan bakteri yang ada di baju.

Cara ini juga cocok untuk kaos yang kamu beli dari rak thrift atau pasar loak. Setelah baju selesai dicuci lalu keringkan, setelahnya gantung dan jemur baju. Tetapi hindari mengantung baju di bawah sinar matahari langsung. Ini cara mengatasi baju melar di bagian bahu.

Merendam Baju Menggunakan Air Hangat / Air Panas

Kamu juga bisa menggunakan cara ini jika kamu tidak memiliki mesin cuci. Caranya, kamu bisa cukup rendam baju kaos barumu di dalam yang air hangat atau air panas selama sekitar lima menit, lalu gantung dan jemur baju. Dengan cara diangin-angikan di luar.

Baca Juga :  Posisi Atribut Dinas Pendidikan untuk Aparatur Sipil Negara

Perlu diingatkan kembali hindari terkena sorot sinar matahari secara langsung karena bisa menyebabkan bagian bahu kaos malah meregang dan terlihat aneh ketika kamu memakainya.

Jika kamu juga ingin merendam kaos polos berwarna cerah dan warnanya agak sedikit terlarut, kamu tidak perlu khawatir atau panik. Hal itu sudah biasa terjadi pada kaos baru. Pastikan saja terlebih dahulu kaos berwarna kamu tidak direndam bersama dengan baju putih.

2. Merebus Baju

Merebus baju kaos bisa bikin kos kamu mengecil? Iya, benar, selama kamu menggunakan api sedang. Metode ini bisa kamu gunakan jika merendam baju di air hangat masih kurang ampuh menurutmu.

Caranya, cukup rebus baju di dalam panci besar yang berisi air. Lalu nyalakan kompor dengan ukuran api sedang jangan terlalu besar atau kecil. Setelah beberapa menit, angkat baju menggunakan alat agar tidak terkena air panas. Lalu jemur baju, dan hindari dari cahaya matahari langsung.

Merebus baju ini sebaiknya dijadikan metode yang terakhir jika cara lainnya gagal. karena perebusan ini bisa membuat kaosmu kusut dan susah diratakan lagi.

3. Menyetrika dengan Setrika Uap

Panas yang keluar dari setrika uap juga bisa membantu kamu menyusutkan baju kaos. Gunakan suhu tinggi dan setrika kaos dengan cara merata sampai menyusut ke ukuran yang diinginkan atau pas.

Tetapi metode ini bisa merusak kaos yang berbahan rayon atau pakaian yang berbahan sutra. kaos serat wol, misalnya bisa kamu kecilkan dengan menggunakan metode setrika uap ini. Jika kamu takut merusak kaosnya coba setrika dulu dibagian belakang saja dan liat hasilnya.

4. Menjahit Baju

Membawa baju ke tukang jahit atau ke permak baju bisa menjadi solusi yang cepat dan mudah. Tukang permak baju biasanya paham bagian mana yang harus di rombak pada baju yang kebesaran.

Tapi kamu bisa juga dengan menjahitnya sendiri. Akan tetapi kamu harus tau bagian-bagian mana saja yang harus kamu rombak pada baju. Itu pun jika kamu tidak mau mengeluarkan biaya tambahan lagi untuk bayar tukang jahit atau tukang permak.

Cara Lain Mengecilkan Baju Kaos

Kaos Oversized 2

Kalau cara-cara yang sudah disampaikan di atas masih terlalu ribet menurut kamu. Mungkin kamu juga bisa menggunakan trik yang cepat berikut ini biar kaos kamu tidak terlihat kedodoran atau kebesaran ketika dikenakan.

Gunakan Peniti

Apakah menggunakan peniti bisa memperkecil baju? Iya bisa, peniti juga bisa mengatasi masalah baju longgar. Caranya, dengan selipkan peniti di bagian belakang, lengan, atau mana saja yang menurut kamu masih terlalu longgar ketika di pakai. Kamu bisa menyematkan peniti dibagian dalam agar tidak terlihat atau menutupinya dengan luaran.

Baca Juga :  3 Cara Cepat Menentukan Ukuran Baju dari Tinggi dan Berat Badan

Menjadikan Baju Menjadi Crop Top

Apakah kamu tau apa itu kaos crop top? Kaos yang memiliki desain yang terbuka pada bagian perut. Banyak kaos crop top yang modelnya longgar sehingga tidak terlalu membentuk lekuk tubuh walau sedikit terbuka, sehingga kesannya terlihat trendi.

Begini caranya, kamu bisa memotong bagian bawah kaos sedikit saja. Ketika kamu memotongnya bagian yang dipotong harus rapih atau kamu juga bisa menjahitnya agar terlihat rapih.

Kamu juga bisa memadukannya dengan celana berpinggang tinggi untuk penampilan yang keren. Kamu juga bisa memadukannya dengan celana lainnya atau mungkin dengan rok yang kamu miliki.

Gunakan Sabuk di Kaos

Apakah bisa menggunakan sabuk untuk baju kebesaran? menggunakan sabuk pada kaos yang terlalu besar dan panjang, bisa membuatnya terlihat lebih terbentuk menggunakan sabuk. Lilitkan sabuk kamu pada bagian tengah sehingga membentuk pinggang. Sabuk yang digunakan bisa berupa sabuk lilit, sabuk tipis, atau sabuk lebar yang ketat tergantung gaya kesukaan.

Kalau kamu punya kaos polos yang bagus, bisa kamu memadukannya dengan sabuk berornamen atau bercorak yang kamu punya. Maka penampilanmu pun akan lebih terlihat keren meskipun kaos yang kamu pakai kebesaran.

Mengikat Salah Satu Bagian Kaos

Kamu juga bisa membuat kaos longgar jadi pas sekaligus terlihat trendi dengan cara mengikat salah satu bagiannya. Misalnya, dengan mengambil dua ujung kain lebih di bagian depan kaos, dan ikat di depan perut. Hasilnya, kaos kamu akan terlihat lebih pas sekaligus memiliki aksen yang keren. Gaya ini cocok dengan jenis baju kerah kaos crewneck atau V. Selain itu juga, mengikat baju dapat menjadi salah satu jenis fashion style yang sedang trendi.

Jadikan Outer

Kamu juga bisa mencoba menjadikan baju kebesaran yang kamu punya menjadi outer. Tapi hal ini hanya bisa di lakukan jika baju yang kamu punya adalah kemeja. Bisa kamu padukan dengan crop top dan celana high waist yang ketat agar penampilan kamu semakin terlihat stylish dan trendi. Tren oversized ini sedang marak sekarang dan cocok untuk kamu yang memang memiliki tubuh kurus.

Kesimpulan

Maka dari itu di atas adalah cara- cara yang mungkin bisa kamu pakai untuk mengecilkan baju kaos yang kebesaran di tubuh kamu. Mengecilkan baju kaos lama atau kaos baru kamu bisa menggunakan cara yang diatas.

Bergantung pada metode mana yang lebih cocok menurut kamu. Mungkin kamu bisa memilih metode air mendidih atau mesin cuci untuk mengecilkan baju kaos polo kamu. Jika tidak cocok mungkin bisa menggunakan metode lainnya.

Whatsapp Kami
Online
Halo, kami sedang online nih kak, ada yang bisa kami bantu? :)